a a a a a a a a a a
Logo Header  Footer
Jokowi Bangga Produk Otomotif RI Diekspor ke 80 Negara
15 February 2022
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga dengan pencapaian ekspor produk otomotif buatan Indonesia yang menembus 80 negara di empat benua. Jokowi menyampaikan produk yang diekspor bukan hanya suku cadang, melainkan juga kendaraan roda empat. Meski bukan atas nama merek Indonesia, ia menyebut produk-produk itu sebagian besar diproduksi anak bangsa.

"Hampir 80-an negara yang kita ekspor di empat benua dan yang saya senang juga bahwa kandungan lokalnya, TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sudah lebih dari 75 persen," kata Jokowi di Karawang, Selasa (15/2).

Jokowi menyampaikan ekspor produk-produk itu tak hanya mendorong pertumbuhan perusahaan besar. Pasalnya, banyak suku cadang dan aksesoris otomotif dipasok oleh usaha kecil dan menengah.

Mantan Wali Kota Solo itu berkata pencapaian ekspor ini menunjukkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Menurutnya, SDM Indonesia telah mampu bersaing di pasar dunia.

"Ini membuktikan SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam produksi mobil, sangat teliti, sangat cermat, sangat hati-hati karena menyangkut keselamatan orang," ujarnya.

Meski demikian, ia meminta para pelaku industri otomotif nasional tidak berpuas diri. Dia mengingatkan produk-produk buatan Indonesia punya tugas tak mudah untuk bersaing di pasar global.

"Hati-hati, produk ekspor akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Jadi, bukan hanya sendirian di pasar, tapi bersaing," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan produk otomotif buatan Indonesia telah menembus 80 negara.

Ekspor unit utuh (completely build up/CBU) Indonesia pada 2021 mencapai 294 ribu unit dengan nilai Rp52,9 triliun. Sementara itu, unit belum rakit (completely knock down/CKD) diekspor sebanyak 91 ribu set dengan nilai Rp1,31 triliun. Adapun ekspor komponen menyentuh 85 juta buah dengan nilai Rp29,13 triliun.


https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220215104342-532-759302/jokowi-bangga-produk-otomotif-ri-diekspor-ke-80-negara
Selanjutnya
90 Persen Bahan Baku Manufaktur RI Impor 30 Persen dari China
14 February 2022
Bank Indonesia (BI) mencatat industri manufaktur Indonesia masih sangat bergantung pada pasokan bahan mentah atau baku impor.

Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Solikin Juhro mengungkapkan 90 persen dari bahan mentah industri manufaktur RI berasal dari impor beberapa negara, terbesar dari China yang setara 30 persen dari total impor bahan baku.

Ia memaparkan ketergantungan tersebut membuat industri manufaktur Indonesia menjadi sangat rentan dan tak berkesinambungan (sustainable).
"Ini menjadi risiko karena terpusatnya sumber impor ke beberapa negara mitra, nomor satu China yang memegang sekitar 30 persen (impor)," katanya pada agenda G20 bertajuk Shifting Toward Higher Value-Added Industries, Senin (14/2).

Ia menjelaskan kerentanan yang dimaksud bisa berasal dari disrupsi rantai pasokan global yang diakibatkan oleh pandemi covid-19. Misalnya, kekurangan kontainer dan mahalnya biaya kirim saat ini. "Ini membuat kekhawatiran soal keberlanjutan aktivitas manufaktur kita," imbuhnya.
Selain soal ketergantungan impor, ia menjabarkan masalah di sektor manufaktur juga berasal dari ekspor RI yang masih bergantung pada produk berteknologi rendah atau yang minim nilai tambah.

Selain itu, rantai pasok dalam negeri juga belum optimal yang membuat harga pengiriman menjadi mahal.

"Melihat tantangan tersebut, memperkuat struktur sektor harus menjadi prioritas lewat penguatan hubungan antar daerah," jelas dia.


https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220214175143-92-759089/90-persen-bahan-baku-manufaktur-ri-impor-30-persen-dari-china
Selanjutnya
DPR Khawatir Ibu Kota Baru Akan Buat RI Banjir Baja Impor
14 February 2022
DPR khawatir pembangunan proyek ibu kota baru nantinya bisa membuat Indonesia banjir impor baja. Kekhawatiran disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi saat rapat dengar pendapat dengan jajaran direksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Senin (14/2).

Bambang mengatakan kekhawatiran itu ia dasarkan pada besarnya potensi kebutuhan baja untuk proyek tersebut. "Kita semua tahu bahwa Indonesia dalam waktu dekat ada keinginan untuk membuat Ibu Kota baru. Itu kebutuhan bajanya luar biasa. Jadi kami patut duga, maraknya impor baja salah satunya untuk konsumsi di ibu kota negara baru," ujar Bambang.
Selain kebutuhan, kekhawatiran juga ia dasarkan pada kecenderungan impor baja selama ini. Ia mengatakan saat ini Indonesia memang memiliki pabrik baja, salah satunya Krakatau Steel.

Meskipun demikian, baja impor masih membanjiri Indonesia. Data BPS saja misalnya menunjukkan impor baja Indonesia tembus 4,8 juta ton pada 2021 kemarin, naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 3,9 juta ton.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal beberapa waktu lalu mengatakan banjir impor baja kebanyakan dari China. Karena banjir impor itu produsen baja lokal gulung tikar banyak yang gulung tikar dan karena itu melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sedikitnya 100 ribu pekerja.
"Memang ini ada kesengajaan biar impor semakin deras, apalagi kita tahu beberapa bulan terakhir kan Pak Dirjen, kita sering diskusi, beberapa bulan terakhir begitu maraknya impor," kata Bambang.

Pemerintah akan memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Total kebutuhan dana yang dibutuhkan untuk pemindahan dan pembangunan ibu kota baru mencapai lebih dari Rp400 triliun.

Konstruksi ibu kota baru rencananya dimulai pada akhir tahun ini.



https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220214133432-92-758934/dpr-khawatir-ibu-kota-baru-akan-buat-ri-banjir-baja-impor
Selanjutnya
AP II Catat Volume Angkutan Kargo 2021 Melesat 2053 Persen
07 February 2022
PT Angkasa Pura II (AP II) melaporkan volume angkutan kargo pada 2021 mencapai 859.330 ton atau meningkat sekitar 20,53 persen dibandingkan 2020, 712.990 ton.
Bandara Soekarno-Hatta menjadi yang paling banyak melayani angkutan kargo, yakni dengan 81,78 persen dari total volume angkutan kargo di seluruh bandara AP II yang berjumlah 20 bandara.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan angkutan kargo menjadi salah satu penopang sektor angkutan udara yang tengah menghadapi tantangan pandemi covid-19.
"Angkutan khusus kargo tetap mencatatkan kinerja positif karena dipicu tumbuhnya e-commerce," ujar Awaluddin lewat pernyataan resmi Senin (7/2).

Dengan meningkatnya volume kargo dan berkurangnya permintaan penerbangan, Awaluddin menyatakan sejumlah maskapai penumpang bahkan mengoperasikan pesawat penumpang untuk khusus mengangkut kargo.

"Ada maskapai yang mengoperasikan pesawat penumpang untuk khusus mengangkut kargo. Kargo yang diangkut di penerbangan bisa dimuat di kabin atau di lambung pesawat," ungkap Awaluddin.

Melihat kinerja positif sepanjang 2021 di tengah pandemi, perseroan memproyeksikan angkutan kargo pada 2022 dapat mencapai lebih dari 1 juta ton atau naik sekitar 23 persen dibandingkan dengan 2021.
"Guna mencapai target tersebut, tentunya bandara-bandara AP II harus memastikan keandalan layanan dan fasilitas dalam penanganan angkutan kargo serta memperkuat kolaborasi dengan seluruh stakeholder," ujar Awaluddin.

Yang dimaksud dengan meningkatkan layanan dan fasilitas kargo di bandara, AP II tahun ini berencana membangun kawasan Cargo Village di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kertajati.

AP II kerjasama dengan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau dikenal juga dengan Indonesia Investment Authority (INA) tengah mempersiapkan proses tender untuk kemitraan strategis guna pengembangan Cargo Village di Bandara Soekarno-Hatta.
"Cargo Village ini menandakan transformasi layanan kargo di Indonesia yang akan turut meningkatkan daya saing Bandara Soekarno-Hatta di tingkat regional dan global. Cargo Village akan dilengkapi dengan state of the art technology dan menandakan dimulainya era baru dan modern dalam pelayanan kargo udara di Indonesia," ujar Awaluddin.

Pengembangan Cargo Village Bandara Soekarno-Hatta dilakukan di atas lahan seluas 90 hektare, yakni tiga kali lipat dari terminal kargo eksisting. Kapasitas Cargo Village akan mampu menangani 1,5 juta - 2,2 juta ton kargo per tahun, atau sekitar 2-3 kali lipat dari kapasitas 700 ribu ton per tahun.



Baca artikel CNN Indonesia "AP II Catat Volume Angkutan Kargo 2021 Melesat 20,53 Persen" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220207210131-92-756215/ap-ii-catat-volume-angkutan-kargo-2021-melesat-2053-persen.
Selanjutnya
Sri Mulyani Ungkap Kesehatan Ekonomi Jadi Tujuan APBN
07 February 2022
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan terus dikonsolidasikan secara bertahap untuk mencapai tiga tujuan penting.
Tujuan pertama adalah kesehatan ekonomi. Kedua, kesehatan rakyat dan ketiga, kesehatan APBN.

"APBN#uangkitaakan terus menjadi instrumen penting dalam pemulihan ekonomi yang fleksibel, responsif dan akuntabel," ujar Ani, sapaan akrabnya, dalam unggahan Instagram resmi @smindrawati, Senin (7/2).

Dalam unggahan tersebut, Sri Mulyani juga memaparkan pertumbuhan ekonomi 2021 sejalan dengan proyeksi dan skenario pemulihan ekonomi pemerintah.

Sebelumnya, BPS mencatat laju pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2021 sebesar 5,02 persen. Sepanjang tahun lalu, pertumbuhan ekonomi sebesar 3,69 persen.

"Angka ini cukup dekat dengan proyeksi/forecast Kemenkeu disampaikan awal tahun Januari 2022. Growth Q4 2021 = 5,1 persen, growth 2021 = 3,7 persen," ujarnya.

Laju ekonomi menguat pada kuartal IV ditopang oleh konsumsi rumah tangga, investasi, konsumsi pemerintah dan ekspor.
"Seluruh sektor: manufaktur, perdagangan, konstruksi, transport pergudangan, pertambangan, informasi/komunikasi semua mengalami perbaikan," ujarnya.

Kendati demikian, Ani memaparkan tahun ini masih ada tantangan perekonomian tetap dinamis dan harus diwaspadai. Seperti, pandemi covid-19 terlebih varian omicron.

"Selain itu, lingkungan global juga makin menantang: tapering kebijakan moneter di US dan Eropa, kenaikan suku bunga dan inflasi tinggi di negara maju, dan ketegangan geopolitik yang meningkat menimbulkan tambahan ketidakpastian," terang Ani.



Baca artikel CNN Indonesia "Sri Mulyani Ungkap Kesehatan Ekonomi Jadi Tujuan APBN" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220207201914-532-756203/sri-mulyani-ungkap-kesehatan-ekonomi-jadi-tujuan-apbn.
Selanjutnya
Menko Airlangga Optimistis Ekonomi Kuartal I 2022 Tumbuh 5 Persen
07 February 2022
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto optimistis pertumbuhan ekonomi positif bakal berlanjut di tahun 2022. Dia bahkan memproyeksi, pertumbuhan ekonomi kuartal I 2022 tembus di atas 5 persen year on year (yoy). Pertumbuhan bisa lebih terakselerasi di kuartal II 2022 mengingat ada momentum puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri.

"Tentu kami berharap di kuartal I 2022 bisa kami dorong di atas 5 persen, dan akan mempengaruhi (pertumbuhan ekonomi) di kuartal II 2022 karena ada momentum puasa dan Lebaran," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM, Senin (7/2/2022).
Airlangga menuturkan, pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2022 itu melanjutkan akselerasi di kuartal IV 2021 yang baru saja diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS). Pada kuartal IV 2021, ekonomi RI tumbuh 5,02 persen (yoy). Hal ini membuat pertumbuhan sepanjang 2021 mencapai 3,69 persen (yoy).

"Beberapa hasil survei di masyarakat yang ada, terlihat optimisme. Diprediksi ekonomi Indonesia (tumbuh) di level 4,7-5,6 persen. Baru saja BPS mengumumkan pertumbuhan di tahun 2021 3,69 (yoy). Tentu kami melihat pertumbuhan ekonomi di kuartal I tahun lalu masih minus 0,7 persen," ucap Airlangga.

Di sisi lain, penanganan pandemi masih menjadi fokus utama pada tahun ini. Pihaknya sudah menyiapkan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai Rp 455,62 triliun yang terdiri dari 3 klaster. Anggaran untuk penanganan kesehatan Rp 122,5 triliun, program perlindungan masyarakat sebesar Rp 154,8 triliun, dan penguatan PEN Rp 178,3 triliun. "Di mana untuk penanganan pasien Rp 32,96 triliun, walaupun akibat Delta kemarin masih ada yang di-carry over, besarnya Rp 23,6 triliun," tandas Airlangga.

Sebagai informasi, BPS melaporkan, ekonomi RI tumbuh 5,02 persen (yoy) di kuartal IV 2021 dan 1,06 persen (q to q). Komponen konsumsi rumah tangga yang tumbuh 3,55 persen (yoy) masih mendominasi struktur PDB dengan share mencapai 52,91 persen.

Secara spasial, pertumbuhan ekonomi masih terkonsentrasi di Jawa dengan share 57,89 persen. Pertumbuhan ekonomi di Jawa sendiri mencapai 3,66 persen pada tahun 2021. Kemudian, diikuti pertumbuhan Sumatera sebesar 21,70 persen, Kalimantan 8,25 persen, Sulawesi 6,89 persen, Bali dan Nusa Tenggara 2,78 persen, serta Maluku dan Papua 2,49 persen.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menko Airlangga Optimistis Ekonomi Kuartal I 2022 Tumbuh 5 Persen", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/02/07/160000226/menko-airlangga-optimistis-ekonomi-kuartal-i-2022-tumbuh-5-persen?page=all#page3
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Aprillia Ika
Selanjutnya
Tarif Tol Dalam Kota Segera Naik Jadi Rp10500
06 February 2022
PT Jasa Marga (Persero) Tbk segera menaikkan tarif tol dalam Kota Jakarta sebesar Rp500. Kenaikan diberlakukan pada ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit.

"Penyesuaian tarif Jalan Tol Dalam Kota merupakan penyesuaian tarif reguler yang besarannya menyesuaikan laju inflasi selama dua tahun terakhir yaitu sebesar 3,03 persen. Besaran penyesuaian tarif adalah Rp500 untuk semua golongan," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru kepada CNNIndonesia.com, Selasa (8/2).

Dalam akun resmi Instagram @jasamargametropolitan, perusahaan menjelaskan penyesuaian tarif berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 74/KPTS/M/2022.
Dalam unggahan tersebut, tarif tol golongan I naik dari Rp10.000 menjadi Rp10.500. Kemudian, golongan II naik dari Rp15.000 ke Rp15.500 dan golongan III naik dari Rp17.000 ke Rp17.500.

"Diimbau kepada Kawan JM untuk selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik yang dimiliki ya," ujar manajemen.

Kendati demikian, perusahaan belum menyampaikan kapan atau berapa kenaikan tarif tersebut bakal diberlakukan.
Sebelumnya, Jasa Marga juga sempat menaikkan tarif Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa sebesar Rp500 untuk semua golongan kendaraan pada 26 Desember 2021 lalu.

Kenaikan dilakukan sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1527/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa.



Baca artikel CNN Indonesia "Tarif Tol Dalam Kota Segera Naik Jadi Rp10.500" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220208200245-92-756695/tarif-tol-dalam-kota-segera-naik-jadi-rp10500.
Selanjutnya
Lonjakan Biaya Pengapalan Kontainer Global Butuh Solusi
19 January 2022
Kinerja eksportir dan pelaku usaha angkutan logistik di Jawa Timur terancam terkendala biaya pengapalan kontainer global yang melonjak hingga lima kali lipat. Mereka mendesak pemerintah segera turun tangan mencarikan jalan keluar karena Indonesia memiliki banyak produk lokal yang berpotensi diekspor.

Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Jawa Timur Hengky Pratoko mengatakan, sejak dua tahun terakhir ini, dunia pelayaran dan logistik menghadapi karut-marut situasi perdagangan internasional. Situasi tersebut belum menunjukkan perbaikan signifikan memasuki tahun 2022, bahkan berpotensi menjadi lebih buruk.

”Saat ini yang terjadi bukan hanya soal kelangkaan kontainer, melainkan juga masalah keterbatasan ruang kapal. Hal itu terjadi karena banyak kapal yang ditahan atau tidak dioperasikan dengan alasan pandemi Covid-19,” ujar Hengky, Rabu (19/1/2022).

Hengky menambahkan, biaya pengapalan satu kontainer 40 kaki (feet) dari Asia ke Eropa hanya berkisar 11.900 dollar AS. Tarif itu turun dari sebelumnya 23.000 dollar AS. Namun, tarif rata-rata dari Indonesia ke Eropa di kisaran 25.000 dollar AS.

”Tarif dari Indonesia ke Eropa yang masih tinggi ini dimanfaatkan perusahaan pelayaran kontainer asing untuk memasukkan kontainer kosong (repositioning empty container) baru-baru ini. Sebanyak 8.000 unit kontainer masuk ke Jakarta dan sebanyak 400 unit ke Surabaya,” kata Hengky.

Menurut Hengky, upaya penggeseran kontainer kosong ini seolah membantu Indonesia mengatasi masalah kelangkaan kontainer yang terjadi sejak pandemi atau selama dua tahun belakangan. Namun, faktanya, harga pasar di Indonesia sangat tinggi dibandingkan dengan harga di luar negeri. Selisih harga per kontainer bahkan mencapai 8.000 dollar AS.

”Penggeseran kontainer kosong itu hanya kamuflase karena dalam praktiknya tidak ada jaminan space atau ruang pada kapal sehingga barang tidak bisa dikirim. Untuk mendapatkan jaminan ruang pada kapal harus mengeluarkan biaya lagi,” ucapnya.
Hengky mengatakan, tarif pengapalan kontainer global saat ini bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan saat awal pandemi. Dulu, tarif rata-rata hanya 2.000 dollar AS untuk satu kontainer berukuran 20 kaki. Saat ini, tarifnya naik sebesar 300-400 persen atau menjadi 8.000-10.000 dollar AS.

Lonjakan kenaikan biaya pengapalan ini terjadi pada rute Indonesia ke Eropa, Timur Tengah, Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Dia mencontohkan, tarif pengapalan kontainer ke Eropa yang sebelumnya hanya 2.000 dollar AS untuk satu unit kontainer 20 kaki sekarang menjadi 25.000 dollar AS. Kenaikan biaya pengiriman kontainer ke Amerika Serikat bahkan mencapai 800 persen.

Lonjakan biaya pengapalan kontainer global ini juga dikeluhkan oleh para eksportir. Wakil Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Manufaktur Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jatim Ayu S Rahayu mengatakan, perusahaan pelayaran internasional saat ini memberlakukan pembagian kelas pada pemakaian ruang kapal.

”Beberapa pelayaran bahkan menerapkan space premium atau tarif untuk kelas tertinggi. Itu pun masih dikenai biaya tambahan untuk memesan ruang. Selain itu, diberlakukan aturan pembatasan volume barang dengan skala tertentu dan ada tarif tambahannya,” ujar Ayu.

Situasi yang dihadapi para eksportir semakin tidak mudah karena pada saat bersamaan, ada kebijakan kenaikan tarif LoLo (lift on-lift off) atau kegiatan bongkar muat kargo dari truk kontainer ke kapal dan sebaliknya. Mereka juga dikenai biaya pembatalan (cancellation cargo) yang tinggi apabila membatalkan pesanan.

Ketua GPEI Jatim Isdarmawan Asrikan menambahkan, biaya pengapalan kontainer global berpotensi menekan kinerja perdagangan ekspor Jatim. Dia memprediksi, dalam kondisi normal, kinerja ekspor Jatim tahun 2022 akan mengalami kenaikan sebesar 25 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

”Namun, karena masalah ocean freight atau biaya dasar ongkos pengiriman lewat laut yang melonjak tinggi, kinerja ekspor diprediksi hanya tumbuh 16,59 persen,” kata Isdarmawan.

Dampak ikutannya, harga produk Indonesia menjadi tidak kompetitif lagi di pasar global, Padahal, banyak produk lokal yang berpotensi dipasarkan di pasar global, seperti kopi, mebel, dan produk perikanan. Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Jatim juga sudah banyak yang berhasil menembus pasar ekspor. Dengan biaya pengapalan yang tinggi, pelaku UMKM akan kesulitan menembus pasar internasional.

Isdarmawan mengatakan, pihaknya telah berupaya menyiasati persoalan tingginya tarif pengapalan kontainer global. Strategi yang dia lakukan adalah bernegosiasi dengan buyer untuk membantu sebagian dari biaya pengapalan kontainer. Apabila upaya itu tidak berhasil, eksportir akan menunda pengiriman barang dengan harapan tarif pengapalan kontainer segera turun.

Akan tetapi, jika kedua strategi tersebut gagal, eksportir terpaksa membatalkan pengiriman barang dan menanggung denda atau biaya pembatalan. Alasannya, meskipun eksportir berhasil mendapatkan kontainer, apabila tanpa kepastian ruang di dalam kapal, barang tetap tidak terkirim.
Untuk mengatasi lonjakan tarif biaya pengapalan kontainer global tersebut, GPEI dan ALFI Jatim meminta pemerintah melakukan pendekatan dan berkomunikasi dengan prinsipal pelayaran internasional. Indonesia juga harus berani memberikan peringatan terhadap perusahaan pelayaran internasional yang memainkan tarif dengan mengancam akan memasukkannya dalam daftar hitam atau blacklist.

Selain itu, pemerintah diharapkan berani melapor ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Alasannya, perdagangan internasional tidak hanya mengatur tentang komoditas, melainkan juga bidang jasa, seperti jasa pelayaran.


https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/01/19/segera-atasi-lonjakan-biaya-pengapalan-kontainer-global?utm_source=kompasid&utm_medium=bannerregister_meteredpaywall&utm_campaign=metered_paywall&utm_content=https%3A%2F%2Fwww.kompas.id%2Fbaca%2Fekonomi%2F2022%2F01%2F19%2Fsegera-atasi-lonjakan-biaya-pengapalan-kontainer-global&status=sukses_login&status_login=login&isVerified=false
Selanjutnya
Logo Header  Footer
Wisma Mitra Sunter 12th Floor, Suite 02, Mitra Sunter Boulevard Blok C-2, Jl. Yos Sudarso Kav 89, Sunter Jaya, North Jakarta, 14350 - Indonesia
Follow Us
 Sosial Media bg allpage 1440x454
Facebook
Instagram
Linkedin
Copyright © 2021 - PT ACTLINK Marine Transport, All Rights Reserved,
Website by IKT
^
Contact Information