a a a a a a a a a a
Logo Header  Footer
Lebaran 2023 Mendag Zulhas Klaim Harga Sembako Aman
22 April 2023
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim berhasil menjaga harga dan stok sembako hingga Hari Raya Idulfitri 1444 H, Sabtu (22/4). Ia mengatakan lebaran tahun ini minim protes dari masyarakat karena ketersediaan sembako cukup hingga Lebaran tiba.

"Kalau stok sembako Alhamdulillah baru pertama ini kan lebaran enggak ada yang protes? Enggak ada yang kekurangan, karena memang bahannya cukup," ujar Zulkifli Hasan di kediamannya, Jakarta Timur, Sabtu (22/4). Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut bahkan menyebutkan harga beberapa bahan pokok menurun. "Jadi tidak usah khawatir. Bapak, ibu di manapun, ibu-ibu terutama, untuk belanja ke pasar ketersediaannya banyak. Jadi belanja secukupnya. Semua lengkap," ujar Zulkifli.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebelumnya memastikan stok pangan aman hingga akhir Lebaran 2023. Namun, beberapa komoditas memang harus impor untuk memenuhi kebutuhan, seperti daging sapi hingga kedelai. "Neraca pangan sampai akhir Mei 2023 kita lihat baik kondisinya sehingga dapat dipastikan sampai akhir HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional), stok pangan tercukupi," kata Arief dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR, Jakarta, Senin (3/4) lalu.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) mengatakan harga komoditas pangan sempat mulai naik pada H-8 sampai H-7 Lebaran atau 15 April dan 16 April. Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansuri menyebutkan beberapa bahan pangan yang naik harganya adalah beras, telur, ayam, daging sapi hingga minyak goreng.

Harga beras medium naik ke Rp12 ribu lebih per kilogram (kg) dan beras premium Rp13.500 lebih per kg dan akan naik lagi sekitar Rp200 setiap harinya. Minyak goreng kemasan sederhana atau Minyakita bahkan naik ke Rp16 ribu per liter. "Tepung terigu juga mengalami kenaikan, buah-buahan juga mengalami kenaikan sekitar sekitar 20 persen," kata Abdullah Mansuri dalam pernyataan resmi pekan lalu. Komoditas lain yang harganya juga disebut naik di antaranya gula dibanderol Rp14.500 per kg, bawang merah Rp45 ribu per kg, bawah putih Rp36 ribu per kg.



https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230422122509-92-940891/lebaran-2023-mendag-zulhas-klaim-harga-sembako-aman
Selanjutnya
Erick Thohir Masih Buka Peluang Impor Darurat KRL Bekas dari Jepang
19 April 2023
Menteri BUMN Erick Thohir masih membuka peluang impor darurat Kereta Rel Listrik (KRL) bekas Jepang. Asalkan, harga yang ditawarkan cocok. "Terbuka (impor darurat KRL). Asal harganya baik," ujar Erick di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (19/4).

Erick memahami kapasitas KRL di Indonesia masih belum memadai. Namun, ia tidak ingin penambahan kapasitas dilakukan dengan harga mahal. "Kalau kemahalan ya opsinya tidak. Kalau kita cuma membebani penambahan kapasitas dengan harga mahal kita harus berpikir ulang," terangnya.

Saat ini, pemerintah terus mengkaji opsi terbaik untuk menjadi solusi penambahan kapasitas di tengah peningkatan jumlah penumpang KRL. "Kemarin kan sudah dibicarakan, tentu sekarang peningkatan di kereta ini cukup tinggi. Solusinya apa? apakah impor atau buat sendiri? Nah ini yang lagi dihitung kembali," tuturnya.

Hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) secara garis besar tidak merekomendasikan impor KRL bekas dari Jepang. Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto mengungkapkan hasil audit BPKP memberikan beberapa pertimbangan kepada pemerintah soal isu impor KRL bekas yang diinginkan PT KCI.

Pertama, impor KRL bekas dipandang tidak mendukung perkembangan industri perkeretaapian nasional. Kedua, Kemendag telah memberikan tanggapan bahwa permohonan dispensasi impor KRL bekas Jepang demi memenuhi kebutuhan armada KRL tidak dapat dipertimbangkan karena fokus pemerintah adalah produk dalam negeri dan substitusi impor. Ketiga, impor KRL kurang tepat, karena ada beberapa unit sarana yang bisa dioptimalkan. "Dari BPKP menemukan seperti itu," kata Seto pada Kamis (6/4) lalu. Keempat, terkait estimasi biaya menyangkut pengadaan dari Japan Railway yang dibayarkan. Ia mengatakan hasil audit BPKP menunjukkan terkait biaya kewajaran handling dan transportasi dari Jepang ke Indonesia yang diajukan KCI tidak dapat diyakini kewajarannya karena pengangkutan harus menggunakan kapal kargo.

Atas hasil audit BPKP itu, Seto mengatakan jajaran eselon 1 Kemenko Marinves langsung menggelar pertemuan. Hasilnya, pemerintah meminta PT KCI melakukan peninjauan kembali atas operasi dan sarana yang ada saat ini.



https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230419100004-92-939735/erick-thohir-masih-buka-peluang-impor-darurat-krl-bekas-dari-jepang
Selanjutnya
Pelindo Diskon Biaya Penumpukan Peti Kemas 50 Persen Selama Mudik
18 April 2023
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo akan memberikan insentif berupa keringanan biaya sebesar 50 persen atas tagihan jasa penumpukan barang dan peti kemas selama masa pembatasan angkutan barang arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono mengatakan pemberian diskon merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mendukung kebijakan pemerintah. Keringanan tersebut diberikan terhadap barang dan peti kemas yang berada di area penumpukan pada periode 17 April sampai dengan 2 Mei 2023. Pemberian diskon juga berlaku bagi peti kemas yang berada di lapangan penumpukan perpanjangan, lapangan penumpukan lini 2, dan tempat pemeriksaan fisik terpadu yang masih dalam satu kawasan terminal peti kemas.

Selain itu, diskon juga berlaku di seluruh terminal yang dioperasikan oleh grup perseroan, termasuk Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), PT Jakarta International Container Terminal (JICT), KSO Terminal Petikemas Koja, dan PT New Priok Container Terminal 1 (NPCT1) yang terkena dampak pembatasan operasional angkutan. "Diskon ini berlaku untuk pelayanan bongkar barang dan peti kemas antar pulau dan peti kemas impor yang tidak dapat keluar dari terminal (delivery), karena adanya pembatasan angkutan barang selama masa arus mudik dan balik angkutan Lebaran 2023," ujar Ali mengutip Antara, Senin (17/4).

Kendati demikian, sepanjang periode libur Lebaran 2023 operasional terminal tetap berlangsung. Pelindo menjamin pelayanan bongkar muat kapal, penumpukan barang, penyediaan air bersih, dan layanan pendukung lainnya tetap berjalan 24 jam 7 hari. Selanjutnya agar tidak terjadi penumpukan yang berlebih di dalam area terminal, Pelindo juga akan mengoptimalkan lapangan penumpukan yang ada di satu area terminal.

Hal itu dilakukan karena kegiatan bongkar muat barang dan peti kemas tetap berlangsung, namun barang dan peti kemas tersebut tidak dapat keluar dari terminal karena pembatasan. Sebab itu, Pelindo mengharapkan pemilik barang tetap mengeluarkan barang dan peti kemas mereka pada saat hari tidak ada pembatasan, sehingga dapat membantu mengurangi penumpukan barang dan peti kemas di pelabuhan.

"Aktivitas di dalam terminal tetap normal, bongkar muat barang dan peti kemas di dermaga tetap berlangsung. Kami telah menyiapkan area pendukung untuk lapangan penumpukan agar tidak berlebih, termasuk juga rekayasa penumpukan di dalam terminal," kata Ali.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Arif Toha memastikan pasokan logistik berjalan lancar selama masa libur Lebaran 2023. Pengguna jasa dan masyarakat tidak perlu khawatir dikarenakan pelabuhan tetap melayani bongkar muat untuk kebutuhan logistik selama masa Lebaran.

"Jadi, pengguna jasa tidak perlu khawatir dengan masa libur Lebaran ini, pelabuhan tetap melayani bongkar muat berdasarkan kebutuhan daerah tersebut. Diharapkan juga masyarakat tidak perlu panik akan kebutuhan bahan pokok, karena secara maksimal Ditjen Hubla akan melayani bongkar muat kebutuhan logistik masyarakat," ujar Arif.



https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230417111211-92-938687/pelindo-diskon-biaya-penumpukan-peti-kemas-50-persen-selama-mudik
Selanjutnya
Importir Pakaian Bekas Terancam Pidana 5 Tahun dan Denda Rp5 M
17 March 2023
Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba mengatakan importir pakaian bekas terancam sanksi pidana maksimal 5 tahun penjara dan denda Rp5 miliar. Sanksi itu diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. Dalam Pasal 47 disebutkan setiap importir wajib mengimpor barang dalam keadaan baru. Impor barang bekas hanya bisa dilakukan dalam hal tertentu, yang ditetapkan oleh menteri. Soal sanksi diatur dalam Pasal 111 UU tersebut.

"Setiap importir yang mengimpor barang dalam keadaan tidak baru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 47 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah)," bunyi Pasal 111 UU 7/2014. Hanung meminta pihak e-commerce bisa menyosialisasikan aturan ini kepada pedagang di platform mereka soal sanksi menjual pakaian bekas impor. Namun, ia berharap bukan UMKM yang menjual pakaian bekas impor yang dikenakan sanksi, tetapi para importirnya.

"Kita ingin biang keroknya, importirnya (dikenakan sanksi). Kalau UKM-nya ini kan kecil ya, tapi tolong diingatkan," kata Hanung dalam dalam diskusi Pembahasan Dampak Thrifting terhadap UMKM di kantor Kementerian Koperasi dan UMKM, Kamis (16/3).

Wakil Ketua Indonesian E-Commerce Association (IdEA) Budi Primawan mengatakan setiap e-commerce memiliki aturan masing-masing terkait sanksi bagi penjual produk yang dilarang hukum, termasuk pakaian bekas impor. Sanksi tersebut biasanya hampir sama antara satu e-commerce dengan yang lain. Budi mengatakan penjual di e-commerce dari awal sudah menyepakati ketentuan tidak akan menjual produk yang melanggar hukum. Jika ketentuan itu dilanggar, maka penjual akan dikenakan sanksi.

"Prinsipnya, kalau saya (penjual) buka toko di Lazada, Shopee, Tokopedia, hanya akan jual yang sesuai hukum. Yang impor barang bekas kan melanggar hukum, kalau ketahuan akan dilakukan tindakan penalti," katanya.

Untuk tahap awal, e-commerce akan menurunkan atau take down tautan yang berisi penjualan pakaian bekas impor. Jika penjual tersebut kembali memperdagangkan pakaian bekas impor, maka akan di-blacklist sehingga tidak bisa lagi berjualan di e-commerce. "Nanti (hukuman) yang paling ringan take down sampai nanti yang paling parah blacklist sampai ke NIK-nya, jadi enggak bisa buka toko di platform," kata Budi.

Masalah pakaian bekas impor kembali mengemuka dalam beberapa waktu terakhir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan mengecam belanja pakaian bekas impor atau yang sering disebut thrifting itu karena mengganggu industri tekstil dalam negeri. Ia pun memerintahkan jajarannya untuk segera mencari sebab dan solusi mengatasi masalah itu.

"Sudah saya perintahkan untuk mencari betul dan sehari dua hari sudah banyak yang ketemu. Itu mengganggu industri tekstil di dalam negeri. Sangat mengganggu. Yang namanya impor pakaian bekas mengganggu," ujar Jokowi saat menghadiri Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, Rabu (15/3).




https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230316181311-92-926057/importir-pakaian-bekas-terancam-pidana-5-tahun-dan-denda-rp5-m
Selanjutnya
Impor Kurma dan Lembu Meningkat Jelang Ramadan 2023
16 March 2023
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor barang konsumsi seperti kurma dan lembu meningkat jelang Ramadan 2023. "Jelang Ramadan yang naik (impornya) kurma, lembu. Jadi ada komoditas itu yang konsumsinya memang naik," ujar Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah dalam konferensi pers, Rabu (15/3).dalam konferensi pers, Rabu (15/3).

Berdasarkan data BPS, impor lembu hidup tercatat sebanyak 636,7 ton dengan nilai mencapai US,39 juta pada Januari 2023. Pada Februari, angkanya melonjak tajam menjadi 7,82 ribu ton atau senilai US,49 juta. Jika dilihat dari negara asalnya, impor lembu hidup tersebut berasal dari Australia. Impor lembu kali ini lebih banyak dibandingkan realisasi Februari tahun lalu, sebesar 7,19 ribu ton. Namun, asal negaranya tak hanya dari Australia tetapi juga Austria.

Lalu, impor kurma sepanjang Februari 2023 tercatat sebanyak 12,79 ribu ton atau senilai US,34 juta. Peningkatan terjadi sejak Januari yang sebanyak 13,23 ribu ton atau senilai US,52 juta. Berdasarkan negara asalnya, impor kurma terbanyak dari Mesir, Tunisia dan Arab Saudi.

Secara keseluruhan, impor Indonesia pada Februari 2023 tercatat sebesar US,92 miliar. Realisasi ini turun 4,32 persen dibandingkan Februari 2022 yang tercatat sebesar US,64 miliar. Secara tahunan, kinerja impor melambat disebabkan oleh penurunan impor migas maupun nonmigas. Impor migas turun 17,08 persen dari US,90 miliar menjadi US,41 miliar. Sedangkan, impor nonmigas turun 1,63 persen dari US,74 miliar menjadi US,51 miliar. Jika dilihat menurut penggunaannya, impor nonmigas secara tahunan turun terbesar adalah bahan baku/penolong minus 8,10 persen. Sedangkan impor barang modal naik 6,10 persen.



https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230315163131-92-925503/impor-kurma-dan-lembu-meningkat-jelang-ramadan-2023
Selanjutnya
Kinerja Ekspor Indonesia Turun Enam Bulan Berturutturut
15 March 2023
Nilai ekspor pada Februari 2023 sebesar 21,4 miliar dollar Amerika Serikat. Nilai tersebut lebih rendah 4,15 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 22,32 miliar dollar AS.



Akibat melesunya perdagangan komoditas, kinerja ekspor Indonesia pada Februari 2023 lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dengan demikian, tren merosotnya nilai ekspor Indonesia telah berlangsung selama enam bulan berturut-turut. Badan Pusat Statistik merilis, Rabu (15/3/2023), nilai ekspor pada Februari 2023 sebesar 21,4 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Nilai tersebut lebih rendah 4,15 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 22,32 miliar dollar AS. Ini menunjukkan tren penurunan nilai ekspor Indonesia telah berlangsung selama enam bulan sejak September 2022. Nilai ekspor pada September 2022 sebesar 24,8 miliar dollar AS atau anjlok 10,58 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Pada Februari 2023, nilai ekspor nonmigas tercatat sebanyak 20,21 miliar dollar AS atau menurun 3 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. ”Kinerja tersebut dipengaruhi oleh penurunan nilai kelompok bahan bakar mineral sebesar 6,51 persen, kelompok logam mulia, perhiasan, dan permata turun 30 persen, kelompok bijih logam, kerak, dan abu turun 29,86 persen, serta alas kaki turun 13,78 persen,” ujar Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah dalam konferensi pers yang diadakan secara hibrida, Rabu (15/3).

Berdasarkan sektornya, nilai ekspor industri pengolahan pada Februari 2023 sebesar 15,52 miliar dollar AS atau turun 0,86 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Nilai ekspor hasil tambang anjlok 9,46 persen menjadi 4,35 miliar dollar AS. Ekspor pertanian, kehutanan, dan perikanan juga merosot 9,62 persen menjadi 340 juta dollar AS.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Habibullah menggarisbawahi, nilai ekspor pada Februari 2023 tumbuh melambat, yakni 4,51 persen. Pertumbuhan tahunan nilai ekspor pada Januari 2023 mencapai 16,43 persen. Adapun pertumbuhan tahunan nilai ekspor pada Februari 2021 dan 2022 masing-masing sebesar 8,64 persen dan 34,2 persen.

Sementara itu, nilai impor pada Februari 2023 sebesar 15,92 miliar dollar AS. Angka tersebut lebih rendah 13,68 persen dibandingkan dengan bulan Januari 2023 yang sebesar 18,44 miliar dollar AS. Penurunan itu lebih dalam dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 7,15 persen. Berdasarkan penggunaannya, nilai impor bahan baku/penolong mencapai 11,79 miliar dollar AS. Nilai ini jeblok 15,09 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Adapun impor barang konsumsi merosot 14,54 persen menjadi 1,36 miliar dollar AS, sedangkan impor barang modal turun 6,64 persen menjadi 2,76 miliar dollar AS. Dengan demikian, Habibullah menyebutkan, neraca perdagangan pada Februari 2023 mengalami surplus sebesar 5,48 miliar dollar AS. Surplus tersebut telah terjadi selama 34 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

Dari sisi pelaku industri, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta W Kamdani mengatakan, penurunan kinerja perdagangan tersebut, baik ekspor maupun impor, sudah diprediksi sejak akhir tahun lalu. ”Interaksi antara tren penurunan permintaan global dengan upaya menormalisasi suplai dan harga komoditas berdampak pada penyusutan pertumbuhan ekspor komoditas Indonesia,” tuturnya saat dihubungi, Rabu (15/3/2023).

Dia juga menggarisbawahi dalamnya penurunan impor bahan baku dan penolong menjelang periode Ramadhan-Lebaran 2023. Penurunan tersebut merupakan anomali yang patut diwaspadai karena impor dibutuhkan industri pengolahan untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri pada periode tersebut.

Sementara itu, peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) bidang industri, perdagangan, dan investasi, Ariyo DP Irhamna, berpendapat, turunnya kinerja ekspor dan impor merupakan imbas dari deindustrialisasi dini yang terjadi di Indonesia. ”Apabila kinerja industri menurun, perdagangan industri juga akan menurun. Oleh sebab itu, pemerintah tidak boleh gagal mengatasi masalah deindustrialisasi kalau ingin lepas dari jebakan negara kelas menengah,” tuturnya.

Dengan kinerja ekspor dan impor itu, Habibullah menyebutkan, neraca perdagangan pada Februari 2023 mengalami surplus sebesar 5,48 miliar dollar AS. Surplus tersebut telah terjadi selama 34 bulan berturut-turut sejak Mei 2020. Dari sisi nilainya, surplus tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Februari 2022 dan Januari 2023 yang masing-masing sebesar 3,83 miliar dollar AS dan 3,88 miliar dollar AS. Sepanjang Januari-Februari 2023, neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus sebesar 9,35 miliar dollar AS.

Secara keseluruhan, ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Faisal Rachman, menilai, surplus neraca perdagangan ke depannya cenderung menyusut lantaran kinerja ekspor terdampak penurunan harga komoditas. Meskipun demikian, ada peluang yang dapat dimanfaatkan dari pemulihan ekonomi China.



oleh: M PASCHALIA JUDITH J

https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/03/15/enam-bulan-berturut-turut-ekspor-ri-turun?utm_source=newsletter&utm_medium=email_sendclean&utm_content=ekonomi&utm_campaign=ru16-23_act1year_ekonomi
Selanjutnya
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diyakini Bakal Tertinggi di Asia Tenggara
15 March 2023
Indonesia memiliki keunggulan pasar domestik yang kuat dan kekayaan sumber daya alam yang memikat investor. Kedua hal ini jadi keunggulan Indonesia dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.



Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diperkirakan akan lebih tinggi dibandingkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Keyakinan ini didasarkan konsumsi dalam negeri yang kuat dan lonjakan investasi dari kebijakan hilirisasi sumber daya alam.

Presiden Direktur PT DBS Bank Indonesia Lim Chu Cong memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara tahun ini. Pertumbuhan ini didorong oleh jumlah penduduk Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara dan menjadi penopang konsumsi dalam negeri yang besar. Selain itu, pihaknya juga memperkirakan Indonesia akan mencatat kenaikan investasi yang dipicu kebijakan pemerintah yang ingin mendorong hilirisasi sumber daya alam, antara lain, dari berbagai komoditas mineral, seperti nikel.

Kedua kondisi ini, lanjut Chu Cong, tidak semuanya dimiliki oleh negara Asia Tenggara lainnya. Ia menambahkan, peran Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun ini juga sangat strategis mengingat Indonesia baru saja menyelesaikan kepemimpinan G20 tahun lalu. “Semua faktor ini akan membuat Indonesia menjadi bintang bersinar di kawasan Asia Tenggara,” ujar Chu Cong pada acara DBS Asian Insight Forum 2023 & Customer Appreciaton Night bertajuk ”DBS Supports Indonesia on ASEAN Chairmanship Indonesia’s Pivotal Role to ASEAN Economy”, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Hal senada juga dikemukakan oleh ekonom dan pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Muhamad Chatib Basri. Ia memperkirakan pertumbuhan Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara tahun ini. Dirinya sepakat bahwa konsumsi dalam negeri yang masih solid akan jadi pendorong pertumbuhan.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi dapat bertumbuh lebih besar karena paparan dampak ketidakpastian global ke Indonesia lebih rendah ketimbang negara-negara Asia Tenggara lainnya. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak didominasi oleh ekspor, tetapi dari konsumsi dalam negeri. Artinya, pelambatan ekonomi global dan ketidakpastian dunia tidak akan jadi faktor dominan yang memengaruhi pertumbuhan.
”Kalau kita lihat Singapura dan Vietnam, misalnya, kekuatan ekonominya banyak ditopang sektor eksternal. Ketika perekonomian global melambat, maka kinerja pertumbuhan ekonominya juga terganggu. Hal ini tidak terjadi di Indonesia,” kata Chatib.

Dengan konsumsi dalam negeri yang besar, indikator perekonomian yang positif, lanjut Chatib, Indonesia akan memikat perhatian banyak investor dunia. Dengan rencana meningkatkan hilirisasi sumber daya alam, pemerintah membutuhkan banyak investasi pembangunan smelter pengolahan agar bisa memberikan nilai tambah. Masuknya investasi ini akan membuka lapangan kerja, alih teknologi, dan berujung pada pertumbuhan ekonomi.

Chief Economist and Managing Director DBS Bank Taimur Baig menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan tetap di atas 5 persen. Ia memperkirakan pertumbuhan tahun ini akan lebih rendah dibanding 2022 karena harga komoditas dunia yang jadi penunjang kinerja ekspor Indonesia sepanjang tahun lalu mulai menurun. Taimur mengatakan, kekuatan ekonomi Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia setelah China dan India. Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan turut berperan mendorong pertumbuhan ekonomi regional Asia Tenggara.
Ia menambahkan, dengan posisi sebagai Ketua ASEAN tahun ini, Indonesia bisa berperan aktif untuk menjadi motor pertumbuhan ekonomi kawasan regional. Kesuksesan Indonesia menjadi ketua G20 tahun lalu perlu diikuti kembali saat menjadi ketua ASEAN. Indonesia bisa mendorong terjalinnya kerja sama ekonomi regional dengan negara dunia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, pada 2022 saat menjadi ketua G20 tercipta 226 kesepakatan multilateral yang menghasilkan investasi senilai 238 miliar dollar AS di antara negara-negara G20. Kini, lanjut Luhut, Indonesia bisa melanjutkan peran yang sama di kawasan regional.

Sebagai Ketua ASEAN, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Indonesia mengajak fokus pada tiga strategis, yakni pertama, pemulihan dan pembangunan kembali; kedua, digitalisasi; dan yang ketiga adalah ekonomi berkelanjutan. Indonesia, lanjut Airlangga, mengajak negara Asia Tenggara untuk memanfaatkan momentum ini untuk menjalankan pemulihan ekonomi dan kembali melanjutkan pembangunan yang tertunda. ”Mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif di kawasan,” ujarnya. Strategi kedua adalah mengakselerasi digitalisasi ekonomi. Digitalisasi berbagai aspek kehidupan meningkatkan efisiensi produksi, meningkatkan daya saing, dan memperluas inklusi keuangan.

Sementara itu, strategi yang ketiga adalah mendorong ekonomi berkelanjutan. Perekonomian nasional tak hanya bertumbuh, tahan menghadapi tantangan eksternal, tetapi juga mampu bertumbuh berkelanjutan untuk tahun-tahun mendatang.



oleh: Benediktus Krisna Yogatama

https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/03/15/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-diyakini-bakal-tertinggi-di-asia-tenggara?utm_source=newsletter&utm_medium=email_sendclean&utm_content=ekonomi&utm_campaign=ru16-23_act1year_ekonomi
Selanjutnya
Importir Sawit dari Asia Tuntut Kejelasan Aturan Ekspor dari Produsen
08 March 2023
Negara-negara importir minyak kelapa sawit mentah (CPO) Asia yang tergabung dalam Asian Palm Oil Alliance (APOP) mendesak negara-negara penghasil sawit untuk membuat kebijakan ekspor yang stabil. Hal itu perlu dilakukan agar importir memiliki kepastian saat melakukan transaksi. Adapun sejumlah negara yang tergabung dalam APOP antara lain India, Pakistan, Bangladesh, Nepal dan Sri Lanka.

Ketua APOP Atul Chaturvedi mengatakan negara importir telah membangun kilang untuk memproses CPO. Namun, negara produsen mengenakan bea ekspor yang lebih tinggi untuk CPO dibanding bea masuk untuk produk yang disuling. Ini membuat pembelian minyak sawit olahan lebih murah dari CPO. "Pajak yang lebih tinggi untuk CPO membuat kilang-kilang di negara pengimpor menganggur. Produsen perlu memikirkan struktur bea masuk yang merugikan pembeli ini," katanya seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (7/3).

Direktur Godrej International India Dorab Mistry mengatakan produsen utama sawit, yakni Indonesia dan Malaysia, perlu menyadari negara-negara Asia adalah pelanggan terpercaya mereka. Para pembeli Asia juga tak pernah membuat masalah pada industri sawit. Menurutnya, perubahan kebijakan ekspor yang tiba-tiba seperti larangan ekspor oleh Indonesia tahun lalu, tidak hanya mengganggu rantai pasokan di negara importir, tetapi juga merugikan produsen.

Bagaimana tidak, Indonesia harus menghadapi komplain dari pelanggan sembari memikirkan strategi lain untuk menutupi kekurangan pasokan. Indonesia yang merupakan produsen CPO terbesar di dunia sempat melarang ekspor CPOpada April-Mei 2022. Hal ini membuat negara-negara pembeli cepat-cepat mengamankan pasokan dari Malaysia.

Namun, harga CPO Malaysia jadi melambung karena permintaan tinggi. Sebagai gantinya, negara importir pun mencari alternatif lain seperti minyak kedelai dan biji bunga matahari. Sementara itu, Presiden Asosiasi Ekstraktor Solvent India Ajay Jhunjhunwala produsen CPO besar seperti Indonesia dan Malaysia cenderung menanggapi banyak tuntutan dari Eropa, dibanding memperhatikan kebutuhan pasar di Asia yang pembeliannya justru besar.

"Uni Eropa menyumbang kurang dari 9 persen dari impor CPO global. Pembeli Asia menyumbang sekitar 40 persen, tetapi produsen mencoba memenuhi tuntutan Eropa dan mengabaikan pembeli Asia," katanya.

Pada Desember 2022, Uni Eropa mengesahkan Undang-Undang Deforestasi, yang mengharuskan perusahaan untuk menghasilkan pernyataan uji tuntas dan memberikan informasi yang dapat diverifikasi bahwa komoditas, termasuk kelapa sawit, tidak ditanam di tanah hasil pembabatan hutan setelah 2020.




https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230307131453-92-921928/importir-sawit-dari-asia-tuntut-kejelasan-aturan-ekspor-dari-produsen
Selanjutnya
Logo Header  Footer
Wisma Mitra Sunter, Lantai 12 Ruang 02, Mitra Sunter Boulevard Blok C-2
Jl. Yos Sudarso Kav 89, Sunter Jaya, Jakarta Utara, 14350 - Indonesia
Ikuti Kami
 Sosial Media bg allpage 1440x454
Facebook
Instagram
Linkedin
Copyright © 2021 - PT ACTLINK Marine Transport, All Rights Reserved,
Website by IKT
^
Kontak Informasi